Apple iPhone 12

Ulasan Apple iPhone 12: Lebih dari cukup iPhone untuk sebagian besar

Ketika Apple akhirnya mengumumkan iPhone 12 yang sangat bocor, itu mewakili semua yang diinginkan banyak orang dari desain iPhone. Tampilan ujung ke ujung? Memeriksa. Desain sisi datar mengingatkan pada iPhone 4 dan iPhone 5 yang sangat disukai? Menyajikan. Warna baru yang menyenangkan? Sini. Tapi enam bulan kemudian, apakah itu masih berfungsi? Kami pikir mungkin ini saatnya untuk mengujinya sekali lagi — oleh karena itu ulasan iPhone 12 ini.

Perubahan dan pembaruan desain tersebut tidak dapat membuat pengalaman yang luar biasa. Sebaliknya, itu adalah paket secara keseluruhan yang harus dikirimkan. Baru-baru ini, saya beralih kembali ke iPhone 12 dari iPhone 12 Pro saya untuk melihat telepon lagi. Kali ini, saya mendapatkannya dengan warna ungu. Apakah ponsel masih mengirim, berbulan-bulan setelah dirilis?

Yah begitulah. Tapi Anda mungkin ingin menunggu. kali ini infotexno akan mengulasnya untuk anda.

Desain iPhone 12

Desain iPhone 11 bagus, tapi kurang lebih sama dengan iPhone XS sebelumnya, dan iPhone X sebelumnya. Dengan kata lain, itu adalah penuaan. IPhone 12 tidak serta merta menyelesaikan semua masalah itu. Tapi itu memberi ponsel sedikit face-lift – dan perangkat ini lebih baik untuk itu.

Lewatlah sudah tepi bulat, mendukung desain sisi datar yang baru. Seperti yang disebutkan, ini sangat mengingatkan pada iPhone 4 dan iPhone 5, tetapi itu tidak berarti itu terlihat kuno. Sebaliknya, ini membantu membuatnya terlihat klasik. Anda mungkin berasumsi bahwa ujung-ujungnya terasa kasar dan tajam. Tetapi dalam pengalaman saya, mereka cukup bulat untuk menghindari masalah itu. Sebenarnya, tepi datar membantu membuatnya sedikit lebih mudah digenggam.

Ini adalah ciri desain yang bangkit kembali dengan iPad Pro dan sejak itu juga pindah ke produk lain — termasuk iMac baru, dan iPad Air. Kami mengharapkan lebih banyak produk untuk mendapatkan perawatan, membantu menciptakan nuansa yang lebih kohesif di seluruh jajaran perangkat Apple.

Bingkai pada iPhone 12 dibuat dari aluminium. Warnanya juga serasi dengan bagian belakang ponsel, dengan hasil akhir matte. Kelihatannya bagus, meski mungkin tidak premium seperti tampilan baja tahan karat mengilap pada iPhone 12 Pro.

Segala sesuatu yang Anda harapkan dari iPhone ada di sini. Anda akan mendapatkan sakelar dering dan volume rocker di sisi kiri, dengan tombol daya di sebelah kanan. Di bagian bawah, ada port Lightning. Beberapa berharap Apple akan beralih ke USB-C untuk iPhone 12. Tapi sebaik itu, saya tidak yakin kita akan pernah mendapatkan iPhone USB-C.

Bagian belakang iPhone 12 memiliki trik tersembunyi. Ponsel ini menandai kembalinya branding MagSafe. Namun, alih-alih teknologi pengisian daya Mac, kali ini MagSafe mengisi daya iPhone Anda. MagSafe di iPhone 12 memungkinkan Anda untuk memasang aksesori secara magnetis ke perangkat Anda. Ini berguna untuk puck pengisian nirkabel, serta dudukan, dan aksesori dompet. Saya telah menggunakan aksesori dompet MagSafe sejak dirilis, dan berfungsi dengan baik. Sayangnya, MagSafe tidak dapat digunakan untuk transfer data — hanya transfer daya. Anda harus menunggu hari di mana Anda dapat memasang perangkat secara magnetis ke dudukan mobil dan memulai CarPlay berkabel. Seseorang bisa bermimpi.

Ponsel ini juga tersedia dalam serangkaian warna. Saat peluncuran, warna utama adalah opsi biru baru, tetapi untuk musim semi, Apple juga merilis opsi ungu. Itulah model yang saya ulas, dan itu tampak hebat.

IPhone 12 juga melanjutkan tren tonjolan kamera persegi. Di iPhone 12, Anda akan mendapatkan dua kamera, yang sama seperti di iPhone 11. Itu juga salah satu cara utama untuk membedakan iPhone 12 dari iPhone 12 Pro, yang memiliki sistem tiga kamera. Kami akan membahas lebih lanjut tentang kualitas kamera nanti.

Satu hal yang menahan iPhone dalam hal desain adalah takik. Sekarang, jangan salah paham — Saya suka ID Wajah dan tidak masalah jika itu berarti saya dapat menggunakan ID Wajah. Tapi takiknya masih mulai terlihat agak kuno. Apple dikabarkan sedang mengerjakan cara untuk membuatnya lebih kecil. Tetapi Anda harus menunggu model iPhone masa depan untuk pembaruan itu.

Layar iPhone 12

Kualitas tampilan, di sisi lain, cukup bagus. Anda akhirnya akan mendapatkan layar OLED tanpa harus memutakhirkan ke model Pro, dan pada iPhone 12 ukurannya 6,1 inci. Ada juga iPhone 12 Mini, yang memiliki layar 5,4 inci yang lebih kecil. Kami tidak memiliki iPhone 12 Mini untuk ditinjau. Layar OLED itu menghasilkan tingkat hitam yang lebih dalam, ditambah lagi dengan implikasi pada masa pakai baterai ponsel. Sejauh tampilan OLED, yang ada di iPhone 12 sangat bagus. Saya masih menunggu iPhone dengan kecepatan refresh tinggi, yang mungkin hadir dalam seri iPhone 13, meskipun mungkin akan diturunkan ke model Pro. Tampilan iPhone 12 masih terlihat bagus, dengan warna yang relatif cerah. Ini juga memiliki kemampuan untuk menjadi cukup terang untuk sebagian besar skenario.

Menurut Apple, kaca iPhone 12 juga lebih kuat. Kacanya adalah teknologi Ceramic Shield baru Apple, yang menurut Apple 4x lebih tahan pecah. Penting untuk dicatat, bagaimanapun, bahwa Apple tidak mengklaim bahwa itu tahan gores. Dengan mengingat hal itu, jangan berharap itu tidak bisa dihancurkan. Kami tidak melakukan drop-test telepon, jadi kami tidak dapat benar-benar berbicara apakah klaim Apple tentang Ceramic Shield akurat atau tidak.

Apple iPhone 12

Performa dan Baterai iPhone 12

IPhone 12 mendapatkan lebih dari sekedar desain baru. Seperti yang kita dapatkan setiap tahun, perangkat baru juga mendapat lonjakan spesifikasi. Di bawah tenda, iPhone 12 menawarkan prosesor Apple A14 Bionic, dan ini mewakili peningkatan kinerja sederhana dibandingkan generasi terakhir A13 Bionic.

Hasilnya persis seperti yang Anda harapkan dari Apple. IPhone 12 halus dan responsif sepanjang waktu. Game dimuat dengan relatif cepat, dan multitasking itu mudah. Anda hampir tidak akan pernah mengalami cegukan kinerja.

Tentu saja, yang lebih penting dari performa sekarang adalah performa di masa depan. Faktanya adalah bahwa chipset Apple adalah yang terdepan di kelasnya, dan kinerja iPhone 12 mengalahkan semua ponsel Android. Hasil akhirnya adalah telepon tidak hanya berkinerja baik sekarang, tetapi juga akan terus berkinerja baik tiga atau empat tahun ke depan. Kami tidak dapat memberi tahu masa depan, tetapi kami yakin iPhone 12 akan melanjutkan tradisi itu.

Benchmark mengkonfirmasi hasil yang sangat baik. Dalam tolok ukur, ponsel ini mendapat skor sama bagus atau lebih baik daripada ponsel Android mana pun di luar sana. Di GeekBench 5, performanya mengungguli kompetisi, sementara di AnTuTu, hampir setara. Berikut adalah ikhtisar hasil yang kami capai.

AnTuTu: 536.662
GeekBench 5: 1.591 single-core, 3.965 multi-core

Model dasar iPhone 12 hadir dengan penyimpanan 64GB, setengah dari model dasar iPhone 12 Pro. Anda dapat memutakhirkannya untuk mendapatkan 128GB atau 256GB, jika Anda mau.

Untuk pertama kalinya di iPhone, ada jenis kinerja lain yang perlu dipertimbangkan – kinerja 5G. Kami tidak akan menyelam jauh ke dalam 5G, mengingat fakta bahwa sebagian besar pengguna tidak akan benar-benar melihat banyak perbedaan. Tetapi yakinlah bahwa iPhone mendukung semua bentuk 5G yang berbeda, yang berarti bahwa ketika 5G menjadi lebih relevan dalam beberapa tahun, iPhone 2020 Anda akan siap digunakan. Tampaknya berfungsi dengan baik dalam pengujian kami, yang kurang lebih sama dengan ponsel unggulan lainnya pada tahun 2021.

Baterai pada iPhone 12 juga solid. IPhone 11 adalah juara di departemen baterai, dan iPhone 12 tampaknya mundur sedikit, tetapi masih sangat bagus. Perangkat itu masih dapat dengan mudah membuat saya melalui penggunaan sehari penuh, dan terkadang hingga hari berikutnya. Saya pandai menjaga ponsel saya tetap terisi daya, dan jika tidak, jarak tempuh Anda mungkin berbeda. IPhone 12 mendukung pengisian nirkabel Qi, serta pengisian kabel cepat, jadi meskipun Anda kehabisan jus dengan cepat, Anda harus dapat mengisi ulang dengan relatif mudah.

Kamera iPhone 12

Salah satu pembaruan terbesar untuk seri iPhone 12 hadir di kamera. Sementara fitur utama besar ditujukan untuk iPhone 12 Pro Max, dengan teknologi pengalih sensor baru yang mewah, iPhone 12 standar juga mendapat beberapa peningkatan.

IPhone 12 menawarkan sistem kamera ganda, termasuk satu kamera utama 12 megapiksel dan satu kamera ultrawide 12 megapiksel. Kamera utama kini dibuat dengan 7 elemen dan memiliki aperture f/1.6 yang lebih besar. Hasil? Menurut Apple, itu dapat membiarkan 27% lebih banyak cahaya daripada iPhone 11. Itu akan membuat gambar lebih cerah secara umum, tetapi ini sangat berguna di lingkungan dengan cahaya rendah. Belum lagi fakta bahwa chip A14 Bionic mampu melakukan pemrosesan gambar yang lebih baik.

Catatan singkat tentang spesifikasi kamera perangkat: Apple mencantumkan iPhone 12 sebagai memiliki “rentang zoom optik 2x”, tetapi kata “rentang” adalah kuncinya. Rentang 2x dihitung dengan membandingkan kamera utama dengan kamera ultrawide, yang diperbesar hingga 0,5x. Jadi, zoom maksimumnya benar-benar 1x, bukan 2x. Ini menyesatkan, dan Apple harus mengubah cara pasar memperbesar iPhone.

Pada akhirnya, iPhone 12 mampu mengambil foto yang detail dan penuh warna, dengan banyak detail, bahkan di lingkungan dengan cahaya redup. Itu benar terlepas dari kamera yang Anda gunakan – apakah Anda menggunakan salah satu dari dua kamera belakang atau kamera depan, Anda dapat mencapai fotografi cahaya rendah yang solid.

Karena fakta bahwa kamera ponsel dapat membiarkan lebih banyak cahaya dengan aperture yang lebih besar, ponsel tidak perlu menggunakan Mode Malam sesering yang dilakukan iPhone 11 sebelumnya. Meskipun beralih ke Mode Malam, Anda akan mendapatkan foto yang cerah dengan detail yang lebih dari cukup. IPhone 12 tentang cocok dengan Pixel 5 dalam kualitas Mode Malam, yang mengesankan mengingat betapa memimpin kelas seri Pixel begitu lama.

Kamera tidak memiliki tampilan Pixel 5 – meskipun itu bukan hal yang buruk. Seri Pixel masih menawarkan foto dengan kontras tinggi yang seolah-olah muncul begitu saja. Tetapi sekali lagi, iPhone juga memiliki tampilan, dan bagi saya, tampilannya sedikit lebih alami. Tidak lebih baik, tidak lebih buruk.

Seluruh seri iPhone 12 menjadi lebih baik daripada yang sudah ada di video juga. Seri iPhone 12 sekarang dapat merekam video dalam Dolby Vision, yang ditujukan untuk menghasilkan video dengan rentang dinamis yang jauh lebih tinggi. Tentu saja, Anda harus menonton rekaman itu secara langsung di layar yang mendukung Dolby Vision, meskipun untungnya iPhone mendukung, sehingga Anda dapat menonton video yang baru saja Anda rekam di layar perangkat. Bidikan video di iPhone 12 memang terlihat bagus, ditambah lagi dengan stabilisasi Apple yang sudah luar biasa.

Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang kompatibilitas silang dengan menonton video Anda di layar SDR, untungnya.

Saya tidak akan melangkah terlalu jauh ke dalam format HDR, tetapi inti dasarnya adalah bahwa pengambilan video pada iPhone 12 diambil dengan bentuk Dolby Vision yang kompatibel dengan metadata di atas yang meningkatkan video saat diputar pada tampilan yang kompatibel. Saat Anda membagikan video, iPhone Anda dapat mengetahui apakah penerima dapat memutar konten Dolby Vision atau tidak. Itu berarti dapat memastikan untuk mengirim sesuatu yang dapat diputar ulang – meskipun itu bukan pengalaman Dolby Vision penuh. Ini menjadi sedikit lebih rumit dari itu, terutama ketika Anda mempertimbangkan fakta bahwa iPhone merekam video dalam versi Dolby Vision tertentu, tetapi yakinlah bahwa iPhone umumnya pandai menentukan jenis video apa yang akan diputar, dan kapan.

Semua itu untuk mengatakan bahwa kamera iPhone 12 sangat bagus, baik dalam fotografi diam, maupun saat merekam video. Anda tidak mendapatkan lensa telefoto di ponsel ini – untuk itu Anda harus meningkatkan ke iPhone 12 Pro. Tetapi bahkan tanpa itu, kamera ponsel ini cukup serbaguna.

Perangkat Lunak iPhone 12

Ini bukan ulasan iOS 14, jadi saya tidak akan sepenuhnya membahas iOS 14 secara mendalam. Namun, saya akan menunjukkan beberapa fitur baru favorit saya – dan beberapa fitur tersebut adalah bagian dari iOS 14.5 , yang tidak tersedia pada saat rilis awal iPhone 12.

Enam bulan kemudian, saya cukup menyukai Widget Layar Beranda, meskipun dalam penggunaan sehari-hari saya benar-benar hanya menggunakan Smart Stack. Saya menemukan bahwa Smart Stack cukup bagus dalam menautkan ke dalam aplikasi. Misalnya, setiap malam saya dan pacar saya mengerjakan teka-teki silang sebelum tidur – dan Smart Stack dapat menyarankan untuk membuka aplikasi Teka Teki Silang, dengan tautan dalam ke teka-teki silang harian secara khusus. Ini juga menampilkan berita, foto, dan banyak lagi.

Saya berharap widget bisa menjadi sedikit lebih interaktif – seperti yang ada di versi iOS sebelumnya. Saya mengandalkan Pengingat, dan saya dulu dapat memeriksa pengingat dari widget di tampilan Hari Ini. Sekarang, widget hanya mem-boot Anda ke aplikasi. Mudah-mudahan, Apple akan terus menyempurnakan widget selama tahun depan atau lebih, dan menambahkan kembali beberapa fungsinya.

Ada beberapa fitur baru yang berguna di iOS 14.5 juga. Yang paling menonjol adalah Transparansi Pelacakan Aplikasi, yang memungkinkan Anda memilih aplikasi mana yang diizinkan untuk melacak aktivitas Anda di aplikasi lain, dan aplikasi mana yang tidak. Sebagai seseorang yang peduli dengan privasi, saya memiliki fitur yang disetel untuk tidak menanyakan apakah saya ingin mengizinkan pelacakan di seluruh aplikasi – cukup blokir saja secara default.

Namun, secara umum, iOS 14, dan iOS 14.5, adalah perkembangan alami untuk iOS. Dan, ketika iOS 15 diluncurkan akhir tahun ini, itu akan membawa lebih banyak tambahan hebat ke iPhone 12.

Kesimpulan

IPhone 12 adalah peningkatan yang pasti dari iPhone 11. Desain baru memberikan perangkat tampilan yang lebih modern, dan penambahan seperti MagSafe dan 5G sangat membantu, membantu ponsel tahan di masa depan. Belum lagi kamera baru, yang secara signifikan meningkatkan fotografi seluler di sebagian besar situasi pemotretan.

Sebuah kompetisi
Meskipun iPhone 12 merupakan peningkatan, jika Anda memiliki iPhone 11, mungkin perlu menunggu lebih lama. IPhone 11 sudah menawarkan kamera yang sangat baik, ditambah perangkat ini masih lebih dari cukup kuat untuk menangani semua yang dapat Anda lakukan pada tahun 2021. Jika Anda memiliki iPhone XR, iPhone 12 akan lebih merupakan peningkatan, sekali lagi, jika Anda bisa menunggu sekitar enam bulan lagi, mungkin ada baiknya melakukannya. Lebih tua dari itu, dan Anda akan menyukai peningkatan yang ditawarkan oleh iPhone 12

Tentu saja, mungkin pesaing terbesar ponsel ini adalah iPhone 12 Pro – tetapi iPhone 12 standar pasti menawarkan nilai uang yang jauh lebih baik. Di iPhone 12 Pro, Anda akan mendapatkan kamera telefoto, sedikit lebih banyak penyimpanan, dan layar yang lebih cerah. Dari semua itu, kamera telefoto adalah yang penting – tetapi jika Anda tidak membutuhkan atau tidak peduli dengan kamera telefoto, saya sarankan untuk tetap menggunakan iPhone 12 standar.

Ada banyak persaingan di sisi Android juga. Yang paling jelas adalah Samsung Galaxy S21, yang dibanderol dengan harga yang sama, dan memiliki kamera yang lebih serbaguna. Kualitas kamera tidak begitu bagus, dan iPhone akan berkinerja lebih baik lebih lama daripada Galaxy. Belum lagi fakta bahwa itu tidak akan terintegrasi dengan perangkat Apple Anda yang lain, jika Anda memilikinya.

Haruskah saya membeli iPhone 12?
Iya. Jika Anda berada di pasar untuk iPhone baru dan tidak ingin menunggu seri iPhone 13, iPhone 12 adalah pilihan yang sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *