Laptop Lenovo V330

Review Laptop Lenovo V330 14ARR Ryzen 3: Siap Dibawa Ke Mana Saja

Laptop Lenovo V330 – Jika kamu cari laptop bisnis murah, kemungkinan kamu bisa melirik Lenovo V330 14ARR yang menggunakan AMD Ryzen 3. Laptop ini punyai design yang memikat dan beberapa feature mengagetkan.

Laptop Lenovo V330 14ARR ini masuk ke kelompok SMB (Small to Medium-sized Business) laptop. Dengan demikian, laptop ini mempunyai standard feature yang komplet.

Baca Juga :   5 Laptop Lenovo 4 Jutaan Terbaik 2020 Harus Anda Punyai

Design dan Body Laptop Lenovo V330

Design minimalis

Laptop ini mempunyai performa yang minimalis. Dibandingkan dengan laptop lain zaman saat ini, performanya kemungkinan kelihatan sedikit “kuno”. Karena memiliki bentuk yang condong boxy (kotak) dan frame disekitaran monitor yang cukup tebal (satu kali lagi dengan dibandingkan monitor bezel-less saat ini).

Di lain sisi, wujud itu mengingati kita pada design ciri khas ThinkPad. Warna abu-abu gelap dan skema brush hairline di atas tutup laptop memberikan kesan-kesan menawan. Yah, namanya laptop bisnis. Keseluruhannya saya sukai dengan performa laptop ini. Beratnya juga relatif enteng.

Layar lenovo v330

Lenovo V330 14ARR Ryzen 3 ini mempunyai monitor 14 inch dengan resolusi HD (1366×768), refresh rate 60Hz, dan punyai anti-glare. Seperti telah disebut sebelumnya, ada frame cukup tebal disebelah monitor. Tetapi jika kamu tidak begitu perduli dengan trend bezel-less, hal ini bukanlah permasalahan. Lantas perlu saya sebutkan jika laptop ini belum memberikan dukungan touch screen.

Secara umum, monitor monitor dapat memberikan penampilan gambar dengan warna yang ceria dan nikmat disaksikan. Walaupun demikian, pojok penglihatan ke monitor cukup terbatas. Seperti pengalaman pada Vivobook X505Z, jika kita menyaksikan monitor dari segi samping, kelihatan bias di monitor. Warna di monitor tidak tampil optimal.

Baca Juga :   Harga Lenovo IdeaPad 330 Terbaru Untuk Mahasiswa

Keyboard dan Touchpad

Keyboard laptop ini datang dengan pola standard. Saat digunakan keyboard berasa enteng dan cukup responsive. Cukup nikmat untuk menulis. Sayang tidak ada lampu dibalik keyboard (backlit).

Dan touchpad yang ada, menurut saya sedikit kurang responsive. Lantas sepanjang yang saya gunakan, saya tidak mendapati program untuk atur gerakan untuk touchpad. Misalkan, kita harus bergelut dengan skema lama click kanan, bukan pencet dua jemari untuk munculkan pop-up menu.

Feature Lain

Walaupun Lenovo V330 14ARR Ryzen 3 ini terhitung laptop bisnis murah, kamu dapat mendapati beberapa feature menarik didalamnya. Feature yang untuk saya cukup mengagetkan.

Baca Juga :   Spesifikasi dan Harga Laptop Lenovo Ideapad S145 Terkini

Colokan Komplet

Sebagai laptop bisnis, telah sepantasnya jika laptop ini mempunyai colokan yang komplet. Kamu dapat mendapati card reader 4-in-1, colokan audio 3,5mm, USB Tipe-C, USB biasa, colokan DC, VGA, Ethernet 1000M LAN, dan HDMI. Dengan kelengkapan ini, kamu dapat semakin optimis pada kompatibilitas dengan piranti lain.

Dapat Dibuka 180º

Monitor laptop ini bisa juga dibuka sampai 180º alias sampai mencatatr di atas meja. Feature ini bermanfaat jika kamu ingin mengulas suatu hal dengan client atau rekan. Sayang, sisi monitor lumayan ringan . Maka saat digerakkan (dibuka-tutup) terkesan cukup rapuh. Asal waspada keliatannya tidak jadi permasalahan.

Penutup Kamera lenovo v330 ryzen

Feature satu ini sebagai salah satunya feature yang sangat menarik. Laptop Lenovo ini punyai pengaman camera berbentuk cover fisik. Kamu dapat buka tutup permukaan lensa dengan kenop. Jika kamu khawatir dengan rumor pelanggaran privacy lewat tangkapan webcam laptop, feature ini akan membuat kamu semakin tenang.

Slots Terselinap

Slots terselinap pada bagian bawah
Laptop ini mempunyai slots terselinap pada bagian bawah. Slots ini dapat bermanfaat untuk beberapa skenario. Kamu dapat menggunakannya untuk tambahan modul battery (Weight Reduce Module ~ 6 jam daya) atau battery UltraBay (~ 14 jam daya).

Yang memikat, jika kamu pilih menggunakan modul battery WRM, kamu bisa juga memakai piranti USB sebagaimana untuk wireless mouse atau piranti USB untuk otentikasi keamanan. Maknanya, kamu dapat menggunakan aksesories lain tanpa mengusik colokan USB pada bagian luar.

Perform

Laptop Lenovo V330 14ARR yang saya gunakan ini memakai processor AMD Ryzen 3 2200U dengan GPU Radeon Vega 3, RAM 4GB dan kemampuan penyimpanan 1TB HDD.

Detail di atas memang memperlihatkan jika laptop ini bukanlah terhitung dalam kelompok high-end atau yang mempunyai perform hebat. Tetapi memang laptop ini dibikin tidak untuk kepentingan perform tinggi seperti main games (walaupun didalamnya ada banyak games bawaan seperti March of Empire).

Sebagai laptop SMB, Lenovo V330 14ARR dibikin untuk dapat penuhi keperluan tugas setiap hari secara cepat dan fleksibel. Ini kelihatan dari feature yang telah disebut sebelumnya. Perform untuk menuntaskan tugas setiap hari juga memang mencukupi.

Batterynya cukup tahan lama. Tetapi kamu harus atur setel periode monitor dan computer aktif saat menggunakan battery. Jika kamu menggunakan setel monitor yang ceria dan menggunakan terus-terusan, dampak penggunaan daya cukup berasa.

Selanjutnya, battery ini sanggup tahan lama walaupun laptop tidak dimatikan, cuman pada keadaan sleep (ditutup monitornya). Saya terhitung tipe orang yang terlatih jarang-jarang mematikan laptop (Tercepat satu hari sekali. Macbook saya dahulu umumnya saya re-start 1 kali dalam dua minggu). Digunakan dengan semacam ini, laptop Lenovo V330 ini dapat satu hari penuh bertahan (dengan penggunaan aktif ± 5 jam tidak nonstop). Laptop ini juga mempunyai feature rapid charge untuk pengisian daya bisa lebih cepat.

Oya, perlu saya sebut jika laptop Lenovo V330 14ARR Ryzen 3 yang saya gunakan ini datang dengan mekanisme operasi Windows 10 PRO 64bit, dan mempunyai harga sekitaran ± Rp5.500.000.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *