iphone mati total

Mengenali Penyebab Iphone Mati Total dan Cara Memperbaikinya

Siapa yang tidak panik ketika iphone mati total secara tiba-tiba saat sedang digunakan? Parahnya lagi, ketika mencoba menghidupkannya kembali justru tidak kunjung menyala seperti sedia kala.

Kasus seperti ini bisa terjadi kepada siapa saja tanpa pandang bulu. Meskipun kamu menggunakan smartphone canggih sekalipun, masalah tersebut bisa tetap terjadi. Bukan hanya bagi pengguna android, tetapi juga iphone.

Sebenarnya, kondisi seperti ini bisa terjadi karena banyak faktor. Bisa saja karena memang akar masalahnya dari smartphone tersebut. Namun, bisa juga masalah tersebut terjadi karena kelalaian pengguna sendiri.

Namun, demi menghindari masalah ini terjadi kepadamu, maka ada baiknya mengetahui beberapa informasi yang sangat penting. Kamu harus mengetahui apa saja penyebab iphone bisa mati total dan bagaimana cara mengatasinya.

Iphone Mati Total dan Tidak Bisa Di Charge

iPhone anda mati total dan tidak bisa di charge? Walau sebenarnya banyak file tugas yang perlu anda akses secepat-cepatnya kan? atau anda lupa mempersiapkan backup data iPhone anda?

Tenang, ada banyak jalan keluar yang bisa anda kerjakan secepat-cepatnya karena mayoritas permasalahan pengisian iPhone bisa benahi dari rumah saja tak perlu ke Mekanik Apple Care.

Dalam artikel ini, akan kita ulas bagaimanakah cara membenahi iPhone yang mati total dan tidak bisa di charge berikut dengan beberapa langkahnya.

Penyebab Iphone Mati Total yang Perlu Diketahui

Sebenarnya, alasan mengapa iphone bisa sampai mati total bisa disebabkan oleh banyak faktor. Bisa jadi karena kesalahan sistem saat melakukan kinerjanya, atau juga bisa kelalaian dari penggunanya.

Salah satu contoh penyebab yang sering terjadi adalah karena kesalahan saat upgrade ios. Kesalahan fungsi ini mengakibatkan masalah serius. Bahkan, smartphone yang kamu miliki tidak akan bisa menyala kembali.

Baca Juga :   Cara mengirim foto dan video dari iPhone ke ponsel Android

Penyebab lain adalah smartphone tersebut terjatuh dengan keras. Meskipun saat ini semua smartphone menggunakan bahan metal berkualitas, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa retak. Hasilnya, iphone tersebut langsung mati total.

Penyebab lain adalah kesalahan fungsi pada port charger. Ketika komponen ini mengalami kerusakan, daya dari charger tidak bisa masuk. Akhirnya, baterai iphone kehilangan daya dan kemudian mati.

Penyebab lain adalah karena adanya perangkat yang mengalami jailbreak. Ini merupakan masalah yang sangat sering terjadi pada banyak orang. Apalagi jika pemakaian smartphone tidak diperhatikan dengan benar.

Contoh tersebut hanyalah sebagian saja penyebab iphone mati total. Selain itu, masih ada banyak lagi penyebab lain. Namun, ada banyak solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Memperbaiki Iphone Mati Total dengan Melakukan Restart

Jika kamu mengalami situasi iphone yang mati secara mendadak, langkah ini bisa menjadi bentuk pencegahan pertama. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol power untuk melakukan restart.

Melakukan restart memang menjadi langkah paling efektif untuk masalah smartphone. Bukan hanya bagi pengguna iphone, tetapi juga pengguna android. Biasanya, setelah melakukan restart maka masalah sebelumnya bisa teratasi.

Ketika iphone mati total, cobalah melakukan restart. Tekan tombol power selama sekitar 10 detik hingga menyala. Jika masalahnya masih ringan, cara ini bisa dipakai untuk menghidupkan smartphone tersebut.

Namun, jika sekali kamu lakukan restart belum juga menyala maka cobalah kembali. Biasanya cara ini bisa efektif untuk kasus tertentu. Setelah dilakukan restart, akan muncul kedipan di layar iphone.

Jika ada kedipan dengan logo apple, maka sebaiknya restart kembali. Tujuannya adalah untuk membuat fitur dalam komponen bekerja normal kembali. Dengan begitu, kamu bisa menghidupkan smartphone tersebut.

Namun, jika ketika sudah di coba beberapa kali tidak kunjung menyala, maka kamu harus menggunakan cara lain. Ada baiknya segera menyelesaikan masalah ini supaya tidak berakibat fatal.

Baca Juga :   Cara Cek Garansi Iphone dengan Mudah dan Gampang

Melakukan Charge Daya Jika Iphone Kehabisan Baterai

Bisa jadi iphone mati total karena kehabisan daya baterai. Oleh sebab itu, kamu perlu mencoba melakukan tips ini untuk mencoba mengetahui situasinya. Apakah benar bahwa baterainya telah habis atau belum.

Seperti yang sudah diketahui, iphone dikenal dengan konsumsi daya baterai yang cukup tinggi. Bahkan, beberapa orang menilainya sebagai smartphone dengan konsumsi daya paling cepat habis dari pada smartphone lain.

Hal seperti ini bisa kamu jadikan indikasi apakah iphone milikmu benar-benar memiliki konsumsi daya lebih cepat atau tidak. Apalagi, jika kamu sudah menggunakannya selama beberapa tahun.

Jika memang demikian, wajar memang jika konsumsi daya baterainya cepat habis. Tanpa disadari terkadang iphone tersebut mati secara mendadak. Situasi seperti ini jelas sangat merugikan, bukan?

Oleh sebab itu, ketika iphone mati total jangan langsung panik. Cobalah tetap tenang dan lakukan hal ini. Cobalah isi daya baterai hingga beberapa saat sampai muncul kedipan berlogo bar baterai.

Namun, jika masalahnya bukan pada konsumsi daya baterai, maka kamu perlu mencoba cara lain. Ada baiknya juga kamu langsung membawanya ke service center untuk mengetahui apa penyebabnya.

Menekan Tombol Hold dan Home

Cara lain untuk menghidupkan iphone mati total adalah menekan kombinasi antara tombol Hold dan Home. Di beberapa jenis smartphone, cara ini sangat efektif untuk menghidupkan kembali smartphone yang mati.

Kamu hanya perlu menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan. Tekan selama setidaknya 10 detik untuk menghidupkannya kembali. Jika belum menyala, tambah lagi durasi dengan menekannya lebih lama.

Umumnya, untuk merangsang sirkulasi listrik di komponen smartphone membutuhkan waktu lama. Itulah alasan mengapa ada beberapa smartphone, termasuk iphone yang membutuhkan waktu hingga 30 detik.

Biasanya, setelah 30 detik akan muncul tanda-tanda bahwa smartphone akan menyala. Misalnya saja ada kedipan ringan selama beberapa saat. Bisa juga muncul logo iphone di layar smartphone.

Namun, jika setelah menekan tombol kombinasi tidak juga menyala, maka kamu perlu waspada. Apalagi jika iphone tersebut tetap terasa dingin bahkan ketika sudah dilakukan charge daya hingga menekan tombol kombinasi.

Baca Juga :   Ulasan Apple iPhone 12: Lebih dari cukup iPhone untuk sebagian besar

Melakukan Restore atau Mengembalikan ke Setelan Pabrik

Cara ini terbilang sebagai langkah akhir ketika ingin mengembalikan iphone mati total. Melakukan restore atau mengembalikan ke setelan pabrik diyakini mampu mengatasi semua masalah yang sedang kamu hadapi.

Caran melakukan setelan pabrik sendiri sebenarnya cukup gampang. Kamu hanya butuh menyediakan kabel USB dan komputer. Nantinya, restore akan dilakukan melalui perangkat ketiga menggunakan komputer atau laptop.

Pasang kabel USB ke port connector dock dan jangan langsung pasang ke komputer. Langkah selanjutnya adalah menekan tombol Home selama beberapa detik. Jika sudah, sambungkan USB dengan port di komputer.

Setelah itu, kamu akan memasuki jendela ithunes. Jendela pop up ini bertujuan untuk memposisikan ke mode recovery. Setelah itu, kamu bisa mencoba untuk melakukan setelan pabrik.

Cara ini sangat ampuh untuk mengembalikan iphone ke setelah pabrik. Melalui setelan ini, kamu bisa menggunakan smartphone tersebut seperti baru. Jadi sudah tidak perlu khawatir lagi tentang iphone mati total.

Membawa ke Service Center

Jika semua cara untuk mengembalikan iphone mati total tidak efektif, maka cara terakhir adalah membawanya ke service center. Cara ini akan menentukan apakah iphone milikmu masih bisa dipakai atau tidak.

Biasanya, ketika datang ke service center kamu akan ditanya kendala apa yang sedang dialami. Misalnya riwayat pemakaian hingga hal terakhir yang kamu lakukan sebelum iphone tersebut mati total.

Nantinya, petugas service center akan mencoba melihat apa yang sebenarnya terjadi. Iphone tersebut akan diperiksa apakah bisa diperbaiki atau tidak. Jika tidak, kamu harus merelakan smartphone tersebut.

Pengguna smartphone seperti iphone bisa mengalami masalah ini kapan saja. Untuk itulah kamu perlu mengetahui apa saja yang mungkin bisa menjadi penyebabnya. Dengan begitu bisa mengatasi iphone mati total tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *