Iphone 7 vs Iphone 8

Iphone 7 VS Iphone 8, Mana yang Lebih Baik?

Iphone 7 VS Iphone 8, Mana yang Lebih Baik? – Kepopuleran Apple membuat banyak orang mulai membandingkan antara Iphone 7 vs Iphone 8. Keduanya merupakan seri yang telah diluncurkan oleh Apple dalam beberapa tahun terakhir.

Meskipun saat ini ada seri yang lebih baru, tetapi banyak orang masih menggunakan kedua seri tersebut. Beberapa orang juga menilai bahwa dari spesifikasinya saja, 2 seri tersebut masih layak pakai.

Apple memang dikenal dengan produk smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi. Harga mahal sebanding dengan kualitas saat dipakai. Wajar jika setiap tahun pengguna dari produk-produk Apple semakin meningkat.

Baca Juga :   Komparasi antara Apple iPhone 8 Plus serta Samsung Galaxy Note8 dengan Kamera Penuh

Namun, untuk memperjelas antara kedua seri tersebut, ada baiknya jika kamu mengetahui seluruh spesifikasinya. Jadi bisa membedakan dan membandingkan ketika ingin membelinya. Dengan begitu kamu tidak salah pilih.

Spesifikasi Iphone 7 vs Iphone 8

Untuk melihat perbedaan dari kedua seri ini, maka paling mudah bisa dilihat dar spesifikasinya. Kamu bisa membandingkan mulai dari resolusi kamera, dapur pacu, varian, konektivitas, hingga RAM.

  1. OS

Untuk melihat perbandingan Iphone 7 vs Iphone 8, kamu bisa melihatnya dasi sisi platform. Keduanya sama-sama menggunakan OS buatan sendiri. namun, keduanya menggunakan OS generasi yang berbeda.

Iphone 7 menggunakan OS IOS 10 dan bisa di upgrade menjadi IOS 11.2. sedangkan Iphone 8 menggunakan OS IOS 11, tetapi bisa di upgrade menjadi versi IOS 11.4.

  1. Prosesor

Jika melihat dari chipset prosesornya, kedua seri ini menggunakan chipset berbeda. Namun, dari sisi penggunaan tidak jauh berbeda. Apalagi, chipset buatan Apple sudah dikenal luas karena performanya yang tangguh.

Iphone 7 menggunakan chipset Apple A10 Fusion, sedangkan Iphone 8 menggunakan chipset Apple A11 Bionic. Kedua chipset tersebut sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang terlalu mencolok.

Namun, karena seri Iphone 8 adalah generasi yang lebih baru, maka performanya sedikit lebih tinggi. Apalagi ditambah dengan adanya kecepatan dapur pacu yang cukup memuaskan. Kamu akan mudah merasakan perbedaannya.

Baca Juga :   Ulasan HP iPhone 8 Plus Indonesia Yang Harus Kamu Tahu
  1. Kecepatan

Dapur pacu dari kedua seri smartphone tersebut juga berbeda. Jika Iphone 7 menggunakan Quad-core 2.34 ghz, maka Iphone 8 menggunakan Hexa-core. Jadi dapur pacunya lebih baik pada seri ke-8.

Namun, Quad-core yang digunakan dilengkapi dengan fitur tambahan berupa 2x Hurricane + 2x Zephyr. Sedangkan untuk dapur pacu Hexa-core dilengkapi dengan 2x Monsoon + 4x Mistral.

  1. Memori

Perbandingan Iphone 7 vs Iphone 8 juga terlihat dari besaran memori yang dibawanya. Kedua seri ini menggunakan ukuran RAM yang sama. Keduanya sama-sama menggunakan RAM berukuran 2 GB.

Namun, perbedaan sangat terlihat jelas dari besaran memori internal yang dimiliki. Untuk Iphone 7 memiliki memor internal yang jauh lebih variatif, yaitu 32 GB, 128 GB, dan 256 GB.

Sedangkan untuk Iphone 8 hanya dibekali 2 pilihan memori internal. Kamu bisa memilih kapasitas memori internal sebesar 64 GB atau 256 GB. Kedua seri ini tidak dibekali slot memori eksternal.

Baca Juga :   Review Terbaru Apple Iphone 7 Yang Kamu Wajib Tahu
  1. Kamera

Untuk perbandingan kamera, keduanya sebenarnya diberikan dengan resolusi yang tidak jauh berbeda. Iphone 7 menggunakan resolusi 5 MP untuk kamera depan. Namun, kamera belakang sudah dilengkapi dengan kamera 12 MP.

Sedangkan untuk Iphone 8 sendiri yang membedakan adalah pada bagian kamera depan. Resolusi kamera yang digunakan adalah 7 MP. Sedangkan kamera bagian belakang sama-sama menggunakan resolusi 12 MP.

Namun, jika dilihat secara keseluruhan maka Iphone 8 jauh lebih unggul. Ada banyak fitur seperti Geo-Tagging hingga panorama. Bahkan ada fitur auto HDR serta recording untuk memudahkan mengambil gambar.

Untuk fitur video, kedua seri ini memiliki banyak kesamaan. Kualitas videonya adalah 2160p@30fps, 1080p@60fps, 1080p@120fps, serta 720@240fps. Namun, tentu ada sedikit perbedaan jika kamu sudah menggunakan kedua seri tersebut.

Baca Juga :   Perbedaan iPhone 6 dan 6s Yang Tidak Terlihat
  1. Layar

Jika membandingkan layar Iphone 7 vs Iphone 8, maka kamu tidak terlalu melihat perbedaannya. Dari tipe layar, ukuran, resolusi, hingga proteksi layar menggunakan tipe yang tidak jauh berbeda.

Iphone 7 menggunakan tipe layar LED-backlit IPS LCD dengan capacitive touchscreen. Untuk ukuran layarnya sendiri, Apple membuatnya dengan ukuran 4.7 inci. Sedangkan resolusi layarnya adalah 750 x 1334 pixels.

Iphone 8 menggunakan tipe layar IPS LCD dengan dukungan capacitive touchscreen serta 16M colours. Lebar layar sedikit lebih luas dengan ukuran 4.9 inci. Sedangkan resolusinya adalah 750 x 1334 pixels.

Kedua seri ini juga menggunakan tipe proteksi layar yang sama, yaitu corning gorilla glass. Pelindung layar ini memang sangat penting untuk melindungi panel LCD dari sentuhan langsung.

  1. Bodi

Perbandingan Iphone 7 vs Iphone 8 juga sangat jelas melalui bodi yang digunakan. Apple merancang setiap produk keluarannya dengan bahan metal berkualitas. Jadi tidak mudah rusak bahkan ketika terjatuh.

Iphone 7 menggunakan bodi dengan dimensi 138.3 x 67.1 x 7.1 mm. Beratnya juga terbilang sangat ringan, yaitu sekitar 138 gram. Sedangkan pilihan warnanya sangat bervariasi, misalnya rose gold.

Iphone 8 memiliki bodi yang lebih besar dengan adanya dimensi 138.4 x 67.3 x 7.3 mm. Oleh sebab itu beratnya juga sedikit lebih besar, yaitu 148 gram.

  1. Konektivitas

Dari sisi konektivitas, hampir tidak ada perbedaan yang cukup besar antara Iphone 7 vs Iphone 8. Dari SIM, jaringan, hingga GPS dari keduanya memiliki kesamaan yang cukup besar.

Kedua Iphone ini menggunakan Nano SIM untuk akses jaringan seluler. Sedangkan pilihan jaringan yang disediakan adalah GSM, HSPA, dan LTE. Jadi keduanya sama dalam al konektivitas dasar.

Namun, untuk jaringan nirkabel antara Iphone 7 vs Iphone 8 ada sedikit perbedaan. Iphone 7 menggunakan versi Bluetooth seri V4.2 dengan dukungan A2DP dan LE.

Sedangkan Iphone 8 sendiri menggunakan Bluetooth V5, A2DP, LE. Dukungan WLAN juga sudah dikembangkan ke versi lebih tinggi. Ada dukungan Wi-fi 802.11 a/b/c/g/n/ac dual band serta dukungan hotspot.

Untuk konektivitas USB kedua menggunakan jenis yang sama. Ada yang menarik dari USB yang biasa dipakai oleh Apple. Kebanyakan USB dari Apple menggunakan USB Type C.

Baca Juga :   Kelebihan iPhone 6s : Iphone Pertama Yang Pakai Camera di atas 10 MP
  1. Beterai

Perbandingan baterai Iphone 7 vs Iphone 8 sebenarnya tidak jauh berbeda. keduanya dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar untuk mendukung setiap aktivitas. Jadi kamu tidak perlu khawatir.

Menariknya, di beberapa varian dari seri ini sudah dilengkapi dengan sistem wireless charging. Sistem ini membantu kamu untuk melakukan pengisian daya baterai lebih cepat tanpa perlu menggunakan kabel data.

  1. Harga

Untuk perbandingan harga keduanya sebenarnya tidak memiliki perbedaan cukup jauh. Namun, seperti yang sudah kamu ketahui bahwa semua produk Apple umumnya memiliki harga yang relatif mahal bagi sebagian orang.

Namun, harga yang tinggi sebenarnya sebanding dengan efektivitasnya saat digunakan. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai hal. Misalnya bermain game bergrafis tinggi atau bisa juga kamu pakai sebagai perangkat berbisnis.

Salah satu produk dari Apple ini memang sangat populer. Bahkan, penjualannya di seluruh dunia terus meningkat setiap tahun. Wajar jika perbandingan antara Iphone 7 VS Iphone 8, Mana yang Lebih Baik?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *