Cara Merekam Layar Laptop

Cara Merekam Layar Laptop Secara Alami dan Pakai Aplikasi

Cara merekam layar laptop terdiri dari dua langkah. Pertama, tanpa aplikasi dan memanfaatkan kemampuan Windows. Kedua, menggunakan sejumlah aplikasi yang sudah tersebar di Internet. Kedua cara tersebut mudah untuk dilakukan.

Sayangnya, untuk poin pertama minimal laptop atau Personal Computer harus Windows 10. Di bawah itu setiap pengguna wajib menggunakan aplikasi. Karena, tidak ada fitur Game Bar yang memudahkan melakukan perekaman.

Cara Merekam Layar Laptop dengan Windows

Seiring perkembangan game yang sudah jadi kebutuhan setiap penggunanya. Personal computer mulai melirik beberapa teknologi. Mereka tidak mau kalah bersaing dengan ponsel dimana banyak sekali fitur tentang gaming.

Bahkan, beberapa merek ternama sudah bundling dengan developer game ternama di dunia. Oleh karena itu, pada edisi terbaru windows 10 memberikan fasilitas yang tidak kalah canggih dari ponsel.

Mereka menyebutnya game bar. fungsi teknologi tersebut untuk memaksimalkan pengalaman setiap penggunanya dalam bermain. Selain itu juga bisa digunakan sebagai metode perekaman, bagaimana caranya? simak petunjuknya di bawah ini!

  1. Aktivasi dulu fitur Game Bar pada Windows
  2. Pilih Settings
  3. Lihat lalu, perhatikan menu pada game
  4. lakukan Pilihan Game bar dan tekan Ok

Cukup mudah bukan mengaktifkan fitur tersebut. Tidak butuh waktu fasilitas ini dapat digunakan. Berikut, beberapa langkah agar perekaman layar bisa dihasilkan dari fitur baru Windows 10 ini

  1. Cari Windows yang memiliki logo +G
  2. Selanjutnya, pilihlah menu capture lalu screen recoding
  3. Menariknya Anda bisa juga merekam suara sendiri cukup tekan Turn on mic while recording
  4. Klik tombol titik besar sebagai pengaktifan perekaman layar
  5. Jika, ingin berhenti merekam bisa tekan saja tombol kotak hijau
  6. Semua prosedur sudah selesai video tersebut akan tersimpan dalam format Mp4
Baca Juga :   Layanan VPN terbaik diuji untuk kecepatan, keandalan, dan privasi

Jika, ingin melihat hasil dari perekaman tersebut bisa langsung masuk ke bagian folder. Buka menu Video dan Capture. Di sana sudah tersimpan hasilnya bisa dilihat bagaimana kualitasnya. Cukup mudah bukan?

Cara Merekam Layar Laptop dengan MacOS

Bagi Anda pengguna Apple, perusahaan asal Amerika ini juga menawarkan berbagai langkah agar bisa mereka layar di laptop andalan mereka. Jika, beberapa waktu lalu menggunakan Mac Quicktime Player.

Pada keluaran MacOS terbaru setiap pengguna bisa melakukan aktivitas tersebut tanpa tambahan apa-apa. Berikut ini beberapa langkah yang harus Anda perhatikan agar prosesnya berjalan sesuai keinginan.

  1. Agar sistem layar tangkap dapat terbuka maka, tekan dulu tombol Shift command dan angka 5
  2. Terlihat sebuah toolbar, di bagian bawahnya terdapat pilihan apakah ingin merekam ke semua layar, bagian jendela saja, dan aplikasi atau hanya bagian tertentu saja.
  3. Jika ingin merekam suara serta audio internal maka jangan lupa untuk mengaktifkan Mac’s Microphone
  4. Selesai dan Anda bisa melihatnya di bagian folder serta video

Cara Merekam Layar laptop dengan Aplikasi

Jika, Anda tidak punya MacOs dan Windows terbaru. Maka, salah satu solusinya adalah memanfaatkan berbagai aplikasi. Pilihannya cukup banyak dan cara menggunakannya juga mudah dapat dipelajari dalam waktu singkat.

Berikut ini adalah berbagai rekomendasi aplikasi untuk merekap layar pada laptop atau Personal Computer. Sekaligus, bagaimana cara menggunakannya. Perhatikan dengan benar agar hasilnya bagus dan sesuai harapan Anda.

1.     Cara Merekam Layar Laptop Melalui OBS Studio

Aplikasi pertama untuk melakukan aktivitas perekaman adalah OBS Studio. Banyak orang sudah memakainya dan mengakui kualitasnya sangat bagus. Dapat digunakan untuk semua jenis OS baik windows atau Apple.

Baca Juga :   9 Aplikasi Hacker Android Paling Sering dipakai buat Hacking

Cara menggunakannya mudah, hasilnya memang menarik saat dilihat kembali. Terdapat berbagai fitur menarik dapat dimanfaatkan. Begini berbagai langkah yang wajib diperhatikan agar dapat merekam layar di laptop.

  1. Install dulu OBS Studio tersebut di internet sudah banyak tersedia.
  2. Pilih Tab Auto Configuration
  3. Tekan Optimize Just for Recording I Will not be Streaming tujuan memilih ini adalah mampu memaksimalkan proses recording jadi agar saat dilihat kembali kualitasnya tetap bagus
  4. Klik Next selanjutnya kemudian, tentukan resolusinya beserta FPSnya lebih disarankan sesuai kebutuhan agar tidak memakan ruang penyimpanan terlalu banyak.
  5. Tekan lagi next lalu, Apply
  6. Pada aplikasi OBS Studio Anda akan menemukan simbol +, klik ikon tersebut dan pilihlah Display Capture
  7. Jangan lupa sebelum menekan OK, ganti dulu file tersebut dengan nama yang diinginkan.
  8. Untuk memulai klik saja start recording
  9. Semua aktivitas di laptop dapat terekam

Ada satu catatan penting wajib diperhatikan. Biasanya perekamannya akan sedikit patah-patah Cobalah untuk klik disable preview. Untuk melihat semua hasilnya bisa dilihat di File Explorer dan Video.

2.     Cara Merekam layar laptop Melalui VLC Player

Aplikasi kedua adalah VLC Player. Menggunakannya tidaklah rumit, cukup mudah selain bisa untuk merekam, tersedia pula berbagai tombol agar dapat dimanfaatkan untuk aktivitas lainnya. Tidak heran bila penggunanya mencapai miliaran.

Memang tidak ada alasan untuk uninstall apk ini. Bagi Anda yang sudah download dan ingin memanfaatkannya sebagai metode perekaman. Berikut ini, beberapa langkah yang harus diperhatikan seksama.

  1. Setelah penginstalan selesai buka VLC
  2. Cari menu media dan lanjutkan Open Capture Device
  3. Selanjutnya, memilih Desktop
  4. Ada tanda panah ke bawah letaknya bersebelahan ikon play. Klik tanda tersebut
  5. Sebelum melakukan langkah ini, jangan lupa untuk memilih frame rate atau kecepatan gambar. Misalkan 25 f/s bisa diartikan bahwa, video tersebut memiliki kecepatan 25 per detik.
  6. Tekan Convert
  7. Berikutnya, cobalah mengatur destinasi file yang akan direkam. Artinya mau disimpan di mana nantinya serta beri nama sekalian agar mudah dalam proses pencarian. Hasilnya nanti akan disimpan dalam file Mp4.
  8. Kemudian, mulailah melakukan perekaman cukup klik start
  9. Jika dirasa cukup tekan saja stop
  10. Proses selesai dan video dapat dilihat sesuai tempat penyimpanan yang sudah dipilih sebelumnya
Baca Juga :   Konversi PDF ke JPG Gratis | 10 Aplikasi Online Teratas

3.     Perekaman Laptop Dengan Aplikasi Screenpresso

Terakhir yang direkomendasikan adalah Screenpresso. Apk ini cukup diminati bahkan, hampir seluruh dunia memanfaatkannya. Sangat cocok untuk youtuber karena, memiliki kemampuan merekam audio serta webcam bersamaan menggunakan layar.

Selain itu hasil output tidak begitu berat. Bahkan, untuk kualitas terbaik bisa dikatakan ringan. Memberikan fasilitas terbaik karena, tersedia pula Quick Acces. Jadi, Anda bisa melihat aktivitas perekaman sebelumnya.

Screenpresso juga sudah terhubung ke berbagai platform media sosial. jadi, setelah selesai merekam Anda bisa mengunggahnya ke medsos. Berikut, beberapa langkah agar proses perekaman jadi lebih baik.

  1. Buka situsnya di screenpresso.exe selanjutnya, Anda akan diarahkan pada syarat dan ketentuan serta pengenalan Aplikasi, tekan saja I accept. Pilih bahasa dan tekan OK saat proses penginstallan
  2. Tekan Capture yang terdapat pada bagian bawah
  3. Klik video di mana Anda dapat melakukan perekaman secara otomatis

Cukup mudah bukan tetapi, ada poin penting harus diperhatikan sebelum memilih menggunakannya. untuk media perekamannya hanya mampu 3 menit saja. Jika memilih versi gratis. Untuk pro lebih dari itu.

Begitu pula bila ingin menghapus watermarknya wajib upgrade pro dulu. Sebelum melakukan aktivitas perekaman lihat dulu kebutuhan serta perangkatnya. Jadi, mau pakai cara merekam layar laptop yang mana?

Artikel Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *