Cara Menghemat Baterai Hp

Cara Menghemat Baterai HP, Coba Lakukan ini Sekarang

Cara menghemat baterai hp menjadi sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya untuk menghemat listrik saja. Tetapi, memperpanjang usia baterainya. Langkah ini merupakan salah satu perawatan terbaik sebuah smartphone.

Karena, kalau komponen energi tersebut sudah mengalami kerusakan. Kamu wajib membeli baru. Seperti diketahui, sistem yang digunakan sekarang adalah tanam. Jadi, setiap pengguna tidak dapat melepasnya sembarangan harus punya izin.

Begini Cara Menghemat Baterai HP

Sudah tahu bagaimana akibatnya bila gawai tidak di rawat dengan baik. Satu komponen yang akan mudah diserang adalah baterai. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah mengurangi konsumsinya secara berlebihan.

Cobalah dengan menurunkan resolusi saat melihat streaming baik itu film atau Youtube. Harus diakui kalau melihat tayangan video kurang nyaman kalau kualitasnya begitu buruk. Semakin cerah dan tinggi pengalamannya menyenangkan.

Tetapi, tahukah Kamu kebiasaan seperti ini ternyata tidak hanya menguras kuota saja melainkan baterai juga. Untuk memutar satu tayangan dengan resolusi besar ternyata, setiap ponsel harus bekerja ekstra.

Dari sini, konsumsi energi akan terkuras begitu cepat. Termasuk kecepatan panel pada layar. Untuk varian baru sudah mengeluarkan 90 Hz sampai 120 Hz. Memang menyenangkan sekali dengan tampilannya.

Sayangnya, kondisi tersebut tidak disarankan. lebih baik tetap di angka 60 Hz. Konsumsinya jauh lebih hemat. Inilah alasan mengapa ponsel kelas menengah selalu dilengkapi dengan pemograman pintar untuk memilih.

Berada di posisi berapa saat digunakan biasa. Walaupun, tidak terlalu signifikan tetapi, penurunan tersebut setidaknya mampu memperpanjang usia menjadi beberapa jam kedepan. Lumayan sekali bukan? Terutama kalau jauh dari charge.

Baca Juga :   Cara Daftar Netflix Pakai Debit BCA Sekaligus Keuntungannya

Lalu, apakah hanya itu cara menghemat baterai ponsel? Bukan, masih ada beberapa langkah yang harus diperhatikan bagi pemilik gawai. Berikut ini beberapa solusi agar komponen daya tersebut bisa bertahan.

1.     Hemat Energi Hp Dengan Mode Gelap

Solusi selanjutnya adalah mengaktifkan mode gelap. Artinya seluruh aplikasi tidak menggunakan lampu tambahan. Seperti diketahui, kecerahan dari setiap aplikasi tersebut karena, adanya penambahan lampu sensor, jadi terlihat sangat terang.

Hadirnya mode gelap akan mematikan semua cahaya tersebut. Dengan begini kondisi ponsel akan lebih dingin dan kemungkinan panas kecil. Menariknya, fasilitas ini sudah tersedia di berbagai macam platform.

Tidak ada salahnya menggunakannya. Karena, saat lampu mati, suasananya tetap saja terang dan semua tulisan masih terbaca jelas. Menurut penelitian mengaktifkan secara keseluruhan mampu memberikan hemat sampai satu jam.

Cara menghemat baterai hp berikutnya dengan mematikan semua fitur yang ada di gawai. Misalnya saja, Kamu masih mengaktifkan GPS. Seperti diketahui, bahwa program tersebut terus berjalan setiap 5 menit sekali.

Secara otomatis, setiap itu juga baterai akan bekerja keras hingga dayanya jadi cepat menurun. Oleh karena itu cobalah mematikan fitur tersebut. Cukup hidupkan waktu menggunakan beberapa aplikasi.

Tidak perlu mengatur lebih detail. Saat memutuskan untuk membukanya pertama kali. Biasanya ponsel akan menanyakan bagaimana pengaturannya. Lokasi atau peta apakah dibuat selalu atau hanya mencari saat apk dibuka.

Untuk beberapa platform seperti ojek online sebenarnya maps sangat diperlukan. Dengan mengaturnya saat digunakan saat meminimalkan penggunaan baterai agar tidak terlalu boros. Tidak hanya itu fitur lain juga sama.

2.     Menghemat Daya Gawai Dengan Hapus Notifikasi

Cara menghemat baterai hp selanjutnya adalah mematikan semua fitur notifikasi. Sebenarnya, notif seperti ini sangat penting. Jadi, jika ada berita baru tidak akan tertinggal berita apa saja.

Baca Juga :   Bagaimana cara menghemat baterai di ponsel Android Anda

Fitur notifikasi terkadang sangat penting dalam melakukan transaksi. Apakah sudah masuk atau belum. Serta memberikan pembaharuan terbaru. Sayangnya, tidak semua memang baru. Bisa jadi salah satu fitur pengingat.

Jika, dirasa penting lebih baik mengaktifkannya yang penting saja. Misalnya, platform online bank selalu menghadirkan notifikasi tentang pembayaran atau tagihan. Lebih baik notifikasinya jangan dihapus dan biarkan mengirimkan berita.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Begini ilustrasinya, saat seseorang mengirimkan pesan, Maka signal akan bekerja mengirimkan pesan dan memberitahukan kepada Anda. Penggunaan server tersebut akan menguras daya.

Bila tidak ingin menggunakan sinyal dari internet data maka, cobalah gunakan wifi saja. Karena, biasanya jaringannya lebih stabil. Perlu diingat, walau Kamu tidak menggunakannya tetapi, kemungkinan habis besar.

Hal ini disebabkan ponsel sedang mencari jaringan. Sistem pencarian tersebut membutuhkan waktu dan akan menguras daya sangat besar. Karena, mesin tidak akan berhenti mencarinya. Oleh karena itu, disarankan matikan data.

Apalagi, kalau ada di daerah yang susah sinyal. Lebih baik memutuskannya. Dengan begini kondisi daya tidak akan berkurang, Mesin gawai juga tidak akan menimbulkan panas. Mencari jaringan membuat mesin harus bekerja keras.

Lebih bijak sebenarnya, menggunakan mode pesawat saja. Dengan begini seluruh aktivitasnya akan dimatikan mulai dari GPS. Wifi, bluetooth, dan masih banyak lagi. penghematannya bahkan mencapai 10%.

3.     Hemat Daya Ponsel Dengan Mencegah Panas

Saat ini semua gawai memakai jenis lithium-ion sebagai salah satu komponen penyimpanan energi. Idealnya adalah 0 sampai 45 derajat. Usahakan selalu menjaganya tetap dalam suhu yang disarankan.

Mengapa angka tersebut tetap harus dijaga? Alasannya adalah Terjadinya pembatasan antara logam Lithium serta ionnya. Menghasilkan elektroda maka, dengan suhu seperti itu kondisinya jadi cepat panas.

Baca Juga :   7 Cara Mengatasi "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti" di Android

Lebih parahnya lagi saat suhu ponsel mencapai 45 derajat kekuatan penyimpanannya akan otomatis berkurang. Inilah alasan tepat mengapa Kamu dilarang membiarkan suhu ponsel terus dalam keadaan panas.

Ada beberapa faktor yang membuat suhunya menjadi tinggi bahkan mampu mencapai 60 derajat. Selain pemakaian kurang teliti, membiarkannya berada langsung dibawah teriknya matahari gawai tersebut bisa meledak dengan sendirinya.

4.     Cara Menghemat Baterai HP Dengan Lite

Apakah Kamu termasuk pengguna yang banyak mengunggah aplikasi seperti media sosial atau lainnya. Usahakan menggunakan versi lite saja dibandingkan asli. Versi tersebut biasanya digunakan untuk ponsel dengan kualitas lebih rendah.

Jadi, konsumsi data hanya sedikit karena adanya pembatasan. Dengan begini energi ponsel bisa ditekan. Tetapi, ada kekurangan yang harus diperhatikan oleh setiap pengguna sebelum memutuskan memakainya.

Di mana penggunaannya harus rela tanpa foto dan sulit membuka video. Jadi, hanya bisa digunakan mengirim atau membalas pesan. Pilihan lite ada beberapa seperti facebook, twitter dan masih banyak lagi.

Cara menghemat baterai hp selanjutnya adalah menutup beberapa aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Jika, selama ini Kamu membiarkannya lebih baik mulai sekarang juga mencoba menutup aksesnya.

Saat aplikasi terbuka di latar belakang maka, kondisi smartphone terus mencari jaringan. Apakah ada berita baru yang dapat disampaikan. Pencarian ini membuat mesin panas sehingga, membutuhkan energi banyak.

Poin selanjutnya adalah usahakan memakai wallpaper yang biasa saja. Jangan bergerak karena, konsumsi energi pasti jadi lebih. Sama saja walpaper hidup tersebut seperti ponsel selalu hidup setiap saat.

Ponsel merupakan alat komunikasi paling penting yang harus diperhatikan dan dirawat, Salah satunya soal tenaga dan daya. Mengetahui cara menghemat baterai hp membuat kondisi gawai tersebut cari lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *