cara membuat qr code

Cara Membuat QR Code yang Gampang, Cepat serta Free. Ayo Coba!

Cara membuat QR code saat ini telah semakin gampang, karna kalian dapat membuatnya sendiri lewat hp ataupun laptop memakai beberapa tambahan aplikasi, buat bantu mempercepat proses pembuatannya. Seperti yang sudah kita tahu, saat ini QR code telah banyak dipakai dimana saja, mulai dari packaging produk, poster iklan, e-ticket serta lainnya.

Nah, untuk kalian yang mau mencoba membuat QR code sendiri, pada kesempatan sekarang Infotexno.com bakal membahas secara lengkap cara membuat QR code lewat laptop dan hp khusus buat kalian. Ayo ikuti pembahasannya bersama- sama!

Sedikit penjelasan mengenai QR Code

Saat sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membuat QR code, ada bagusnya kalian mengenali terlebih dulu sedikit penjelasan mengenai QR code, mulai dari arti sampai asal usul keberadaan QR code hingga saat ini.

Bila melihat dari arti, QR code sebenernya merupakan kependekan dari Quick Response Code. Yang mana, QR code ini merupakan bentuk kode yang discan dalam 2 dimensi, ialah tegak serta mendatar.

Oleh sebab itu, QR code jadi transformasi ataupun perubahan terbaru dari barcode. Sebab pada masanya, barcode cuma memakai satu format. Berlainan dengan QR code yang saat ini telah memakai 2 dimensi.

2 dimensi tegak serta mendatar yang dipakai QR code ini, membuatnya sanggup menampung lebih banyak data dibanding barcode. Dengan seperti itu, QR code ditaksir sanggup membagikan informasi serta reaksi yang cepat.

Keberadaan QR code pada awal mulanya diusung oleh perusahaan Jepang bernama Denso Wave Corporation. Hal itu disebabkan, Denso mempunyai kebutuhan buat perlengkapan pindai yang mempunyai reaksi cepat.

Atas dasar kebutuhan itu, akhirnya Denso mulai membuat perlengkapan pindai QR yang karakternya merupakan open source serta mulai diterbitkan pada 1994.

Di awal kehadirannya, guna QR code lebih tertuju buat melacak alat transportasi bagian manufaktur di Jepang.

Tetapi bersamaan kemajuan zaman, guna QR code jadi terus menjadi besar serta saat ini banyak dipakai sebagai alat advertensi produk, pelayanan serta lain serupanya yang bisa memudahkan kegiatan orang.

struktur pola yang dipakai QR code sendiri ialah persegi. Hal itu disebabkan, persegi jadi struktur pola yang nyaris tidak bakal timbul di dunia bidang usaha. Dengan seperti itu, struktur pola itu jadi lebih gampang dibaca.

Lebih dari itu, QR code menariknya sanggup menaruh informasi tipe alphanumeric sampai 4. 296 karakter, numerik sampai 7. 089 karakter, kode binary sampai 2. 844 byte dan huruf kanji sampai 1. 817 karakter.

Tipe- tipe QR Code

Bila berdiskusi mengenai tipe, sejatinya QR Code terdiri dari 2 tipe, yakni Static QR Code serta Dynamic QR Code.

Baca Juga :   Cara Mudah Meredupkan Layar Komputer & Laptop

Static QR Code ini ialah tipe QR code, yang bermuatan tautan buat ke suatu laman web yang tidak berubah( statis). maka, pemakaian QR code tipe ini membuat konten QR code tidak akan berubah.

Sedangkan, Dynamic QR Code ialah tipe QR code yang bermuatan suatu URL pendek, yang nantinya bakal dialihkan ke laman web yang lain. Dengan seperti itu, pemakaian QR code tipe ini membuat QR code bisa dipakai dengan cara berulang serta terus menerus.

Cara Kerja QR Code

Mengenali cara kerja dari QR code tampaknya jadi hal penting yang butuh kalian tahu, sebelum mangulas gimana cara membuat QR code.

Mengingat, QR code saat ini telah banyak dipakai buat banyak kebutuhan dimana saja, kayak buat aktivitas advertensi produk, pelayanan, periklanan, pendaftaran blangko online, mendownload file gambar ataupun akta, sampai transaksi pembayaran saat ini telah memakai QR code.

Cara kerja dari QR code sesungguhnya amat gampang. Karena, kalian cuma butuh handphone yang sudah dilengkapi dengan aplikasi pembaca kode QR serta akses internet GPRS, WiFi ataupun 3G, buat dapat mengonekan handphone dengan web yang dituju lewat kode QR.

Bila seluruh hal yang diperlukan itu telah terpenuhi, setelah itu kalian butuh mengaktifkan program pemindai QR code.

Triknya ialah dengan mengarahkan kamera ke kode QR, kemudian program itu bakal dengan cara otomatis membaca dan memindai isyarat itu yang telah berisikan data- data, kayak tujuan web serta lain semacamnya.

Bila QR code betul berisikan tujuan web, maka kalian dapat langsung mendatangi web itu tanpa mesti mencarinya dengan cara manual di search engine, atau malahan di sebagian social media.

Buat kalian yang memiliki fanspage bisa cek tulisan menambah like fanspage secara otomatis sebelum mempraktekan cara membuat QR code yang bisa diarahkan ke fanspage.

Cara Membuat QR Code

Sesudah mengenali beberapa data terpaut QR code, mulai dari arti, asal usul singkat, tipe- tipe QR code sampai cara kerjanya. Maka saat ini waktunya buat kalian mengenali gimana cara membuat QR code yang gampang serta cepat.

Karna kayak yang telah dibahas sebelumnya, kalian dapat membuat QR code sendiri lewat hp buat beberapa tipe tujuan, kayak buat tujuan web, media sosial serta lain semacamnya.

Maka dari itu, buat tahu lebih jelas gimana cara membuat QR code sendiri, di bawah ini Infotexno.com bakal membahas sebagian cara membuat QR code yang gampang serta cepat. Berikut ini beberapa cara membuat QR code yang bisa kalian praktekan, antara lain:

Cara Membuat QR Code secara online melalui Browser

Jika kalian tak ingin rumit install aplikasi ini itu, kalian dapat menggunakan aplikasi browser yang sudah ter- install di Komputer buat membuat QR Code, geng.

  • Tahap 1: Buka aplikasi browser yang terdapat di Komputer atau laptop. Infotexno sarankan kalian mengenakan Google Chrome.
  • Tahap 2: Ketikkan tujuan www. qrcode- monkey. com pada kolom Address Bar, setelah itu tekan Enter.
  • Tahap 3: Contoh kalian mau membuat QR Code buat web atau situs pribadimu, klik pada Enter Konten, setelah itu masukkan alamat web tujuan di kotak yang tersedia.
  • Tahap 4: Buat menambahkan gambar ataupun logomu sendiri pada QR Code, seleksi Add Logo Image, setelah itu seleksi Upload.
  • Tahap 5: Klik Create QR Code buat membuat kodemu sendiri. Jika kalian mau menyimpan gambar itu, kalian dapat men- download lewat pilihan Unduh PNG yang ada.
Baca Juga :   Cara Reset HP Xiaomi Ke Pengaturan Pabrik

Cara Membuat QR Code dengan aplikasi Microsoft Excel

Kata siapa Microsoft Excel hanya berperan buat membuat tabel serta mengerjakan data? Microsoft Excel dapat dijadikan alat bantu cara membuat QR Code secara offline dengan gampang, loh.

  • Tahap 1: Buka Microsoft Excel, setelah itu buat Workbook baru.
  • Tahap 2: Klik pada tab Insert, setelah itu seleksi Get Add- ins.
  • Tahap 3: Pada kolom pencarian, ketikkan QR4Office. Setelah itu seleksi Add serta Continue.
  • Tahap 4: Tools QR4Office bakalan timbul di bagian kanan layar. Masukkan link yang kalian mau pada kolom.
  • Tahap 5: Kalian dapat menata warna QR Code serta latar belakang dan ukuran QR yang kalian mau. Bila sudah, seleksi Insert.
  • Tahap 6: QR Code kalian akan timbul pada kolom yang sudah kalian seleksi di Excel.

Cara Membuat QR Code Lewat Handphone

Sejatinya, terdapat banyak cara membuat QR code lewat hp yang dapat dicoba. Cuma saja, kali ini Infotexno.com bakal memberikan penjelasan cara membuat QR code di hp Android serta iOS.

Cara Membuat QR Code di Android

Cara membuat QR code di Android amat gampang. Tetapi buat memulainya, kalian memerlukan tambahan aplikasi yang bisa menunjang cara pembuatan QR code.

Di Android sendiri, kalian dapat memakai aplikasi QR Code Generator yang bisa diunduh dengan cara free di Play Store.

Sesudah kalian sukses mendownload aplikasi itu, kalian dapat langsung membuat QR code dengan menjajaki sebagian tahap selanjutnya ini.

  • Buka aplikasi QR Code Generator yang telah diunduh
  • Sehabis itu, klik Text di bagian atas buat memilah tipe QR code yang hendak dibuat
  • Seleksi salah satu tipe QR code yang ada, bila kalian mau memakai QR code yang menuju ke email, maka kalian dapat memilah pilihan“ Email”
  • Bila pilihan email telah diseleksi, berikutnya kalian dapat langsung memasukkan tujuan email, kemudian klik Generate di bagian ujung kanan atas
  • Setelah itu, QR code bakal dibikin serta pemakai bakal dikasihkan beberapa pilihan, kayak membagikan ke orang lewat aplikasi whatsapp atau bisa menyimpannya ke galery.
Baca Juga :   Cara mengirim foto dan video dari iPhone ke ponsel Android

Bila kalian sebagai pemakai mau langsung membagikannya ke beberapa aplikasi serta layanan, maka kalian dapat membagikannya langsung ke Google Drive, Dropbox, Hangouts bahkan mengirimkannya lewat pesan teks biasa.

Cara Membuat QR Code di iOS

Cara membuat QR code di IOS sebenernya tidak beda jauh dengan di Android, karna sama- sama memerlukan tambahan aplikasi buat menunjang cara pembuatannya.

Buat iOS sendiri, kalian dapat memakai aplikasi QR Reader yang bisa diunduh dengan cara free di App Store.

Perlu dikenal, aplikasi ini tidak cuma dapat dipakai buat membuat QR code saja. Namun, aplikasi ini pula dapat dipakai buat memindai ataupun membaca QR code.

Buat dapat membuat QR code sendiri, tahap awal yang wajib kalian jalani ialah mendownload aplikasi QR Reader terlebih dulu. Sehabis aplikasi sukses diunduh, kalian dapat langsung menjajaki beberapa tahap selanjutnya ini.

  • Buka aplikasi QR Reader serta klik simbol panah ke dasar di bagian ujung kanan atas layar
  • Klik simbol QR code di bagian bawah
  • Klik tombol tambah(+) di bagian ujung kiri atas, buat mengawali cara pembuatan QR code
  • Seleksi salah satu tipe QR code yang ada, bila kalian mau memakai QR code yang menuju pada media sosial Twitter, maka kalian dapat memilah pilihan“ Profil Twitter”
  • Sehabis itu, masukkan sebagian data yang mau kalian masukkan terpaut Twitter, termasuk nama akun pemakai, kemudian klik Create di bagian ujung kanan atas
  • Setelah itu, QR code bakal dibikin serta muncul di catatan QR code khusus yang pemakai buat
  • Bila QR code telah terbuat, pemakai dapat langsung melihat pratinjau- nya, mengaplikasikan pergantian nama ataupun langsung membagikannya dengan orang lain.

Kalian sebagai pemakai dapat memberikan ataupun mengirimkan QR code ke beberapa aplikasi ataupun layanan yang telah berintegrasi dengan iOS, kayak misalnya iMessage, Dropbox ataupun Google Drive.

Tidak hanya itu, kalian pula dapat menyimpan QR code ke galeri Iphone dengan cara mengetuk pilihan“ Simpan Gambar”.

Nah, demikian pembahasan cara membuat QR Code sendiri dengan gampang dan cepat. Kalian gak akan susah lagi buat mengopi link untuk dibagikan kepada orang lain.

Selain itu, QR code saat ini tidak cuma dipakai selaku alat buat advertensi, namun pula dipakai selaku salah satu perlengkapan transaksi non- tunai, yang bisa diakses dengan gampang cuma dengan memakai gadget.

Dengan seperti itu, maka QR code bisa dibilang selaku pengganti kartu debit serta kartu kredit. Hal itu karna, QR code bisa terkoneksi langsung dengan rekening tabungan yang terdapat di kartu debit ataupun kartu kredit.

akibatnya, kalian tidak butuh lagi memasukkan saldo di aplikasi smartphone. Karena, seluruh transaksi yang kalian lakukan memakai QR code, bakal langsung menarik sejumlah saldo di rekening tabungan kartu debit ataupun kartu kredit.