cek garansi iphone

Cara Cek Garansi Iphone dengan Mudah dan Gampang

Cara Cek Garansi Iphone – Mungkin sampai sekarang masih banyak orang bertanya, mengapa harus cek garansi iphone? Padahal, jika membeli di toko resmi harusnya semua yang ada pasti ori. Jadi tidak mungkin ada smartphone palsu.

Mungkin, bagi sebagian orang belum terlalu mengerti dunia seperti itu. Faktanya, smartphone palsu sering kali ditemui di banyak toko, bahkan toko tang terlihat resmi. Apalagi, jika tidak ada pengawasan sebelumnya.

cara cek garansi iphone ibox, cara cek iphone garansi internasional, cara cek garansi iphone ibox atau inter, cara cek garansi iphone lewat imei, cara cek garansi internasional iphone, cara cek garansi iphone internasional

Smartphone palsu saat ini sangat mudah beredar di masyarakat melalui beberapa cara. Sebut saja melalui jaringan black market atau penyelundupan. Produk hasil dari black market biasanya mudah dijual karena murah.

Namun, meskipun murah ada bahaya yang sangat menakutkan. Jika kamu tidak mengetahui bagaimana cara mengecek status garansi, maka akan sangat rugi. Oleh sebab itulah kamu perlu sekali mengerti hal ini.

Macam-Macam Garansi Iphone yang Perlu Diketahui

Sebenarnya, ada banyak sekali cara cek garansi iphone yang bisa dilakukan. Hal tersebut karena hingga saat ini jenis garansi yang disediakan juga beragam. Ada garansi dari perusahaan hingga garansi distributor.

  1. Garansi resmi

Garansi ini diberikan oleh Apple sebagai pemilik brand kepada perusahaan distributor di setiap negara. Apple memang tidak membuka perusahaan cabang di setiap negara untuk pemasaran produk.

Untuk itulah Apple memberikan jaminan kepada perusahaan distributor sebagai authorized reseller. Dengan adanya jaminan seperti ini, kamu bisa menikmati produk Apple asli secara resmi dan legal.

  1. Garansi distributor

Berbeda dengan jaminan resmi, jaminan ini hanya bisa kamu klaim ke perusahaan distributor. Biasanya, ada beberapa distributor yang memasukan beberapa produk Apple secara tidak resmi ke Indonesia.

Baca Juga :   Perbedaan Iphone Xr dan Xs Untuk Bahan Perbandingan

Cek Juga : perbedaan ukuran iphone 6 dan 6s

Harganya juga jauh lebih murah dari pada yang di jual di toko resmi. Namun, kamu patut waspada karena bisa jadi produk tersebut berasal dari black market.

  1. Garansi toko

Ada juga jaminan yang diberikan oleh toko atau penjual. Namun, biasanya jaminan ini berlaku untuk smartphone palsu hingga refubish. Biasanya jaminan ini hanya berlaku selama 1 bulan setelah pembelian.

  1. Garansi internasional

Jika ingin jaminan yang lebih fleksibel, maka jenis jaminan ini sangat penting. Kamu bisa melakukan klaim garansi di seluruh authorized reseller yang ada di seluruh dunia.

Jenis Garansi yang ada di Indonesia

Selain beberapa jenis jaminan yang disebutkan sebelumnya, ternya di Indonesia memiliki beberapa jaminan lain. Bahkan jenis jaminan yang diberikan jauh lebih banyak kepada setiap pembeli produk Apple.

  1. Jaminan rekondisi

Pentingnya mengetahui cara cek garansi iphone adalah untuk mengetahui kondisi salah satu produk Apple tersebut. Apalagi, tidak semua smartphone yang ada di masyarakat saat ini adalah produk asli.

Salah satunya adalah jenis iphone rekondisi yang merupakan produk dengan sparepart bekas. Namun, karena dipugar ulang maka terlihat seperti baru dan biasanya lama waktu jaminan adalah selama 1 tahun.

  1. Jaminan rekondisi BM

Ada juga iphone rekondisi black market atau BM. Untuk masalah harga, smartphone BM jauh lebih murah dari pada smartphone lain. Namun, biasanya tidak ada kelengkapan seperti kartu garansi.

Itulah mengapa biasanya jaminan yang diberikan oleh toko hanya berlaku selama 1 bulan. Tidak adanya kartu pajak juga membuatnya sangat riskan jika toko memberikan garansi waktu yang lama.

  1. Jaminan refurbish

Iphone refurbish sebenarnya hampir sama dengan smartphone rekondisi. Perbedaannya terletak pada siapa yang melakukan manufakturing. Iphone refurbish dikerjakan oleh Apple sendiri sebagai perusahaan pemilik brand berlogo apel tersebut.

Baca Juga :   Cara Menghemat Baterai HP, Coba Lakukan ini Sekarang

Biasanya, iphone refurbish akan tetap memiliki garansi resmi penuh dari perusahaan. Namun, bedanya adalah beberapa komponen mesin adalah barang bekas dengan kualitas yang tidak terlalu buruk.

  1. Jaminan lainnya

Ada juga jaminan yang diberikan hanya dalam hitungan minggu. Biasanya, jenis iphone yang diberikan jaminan ini adalah smartphone supercopy hingga KW. Harganya juga sangat murah, sekitar 1 jutaan.

Cara untuk Cek Garansi Iphone

Karena ada banyak sekali produk smartphone yang tidak asli, maka cara untuk mengetahuinya adalah melakukan cek garansi iphone. Cara ini diyakini bisa menghilangkan rasa resah karena takut akan produk palsu.

  1. Langkah pertama adalah dengan menuju ke menu Setting. Menu ini merupakan tempat di mana kamu bisa mendapatkan semua akses. Termasuk bagaimana cara untuk melakukan cek garansi.
  2. Kedua, cari menu General di bagian bawah menu Setting. Setelah itu, cari menu About untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya. Di menu ini kamu bisa melihat beberapa informasi yang sangat penting.
  3. Ketiga, setelah klik menu About, layar smartphone akan langsung menampilkan sebuah informasi penting. Ada nomor seri dari iphone yang harus kamu catat untuk dimasukan ke dalam situs resmi iphone.
  4. Kunjungi situs support.apple.com lalu pilih device yang kamu gunakan. Karena kamu menggunakan iphone, maka pilih device iphone dengan logo smartphone. Kemudian masukan serial number yang kamu catat sebelumnya.
  5. Kelima, masukan juga negara dimana kamu mendapatkan iphone tersebut. Setelah itu, pada menu Service and Repair ada pesan See your service and support coverage. Pilih pesan ini untuk melanjutkan.
  6. Terakhir, jika berhasil maka kamu bisa melakukan cek garansi iphone Pada layar akan muncul status garansi yang sedang aktif. Jadi kamu bisa melihat apakah iphone tersebut asli atau tidak.

Tips Ketika Ingin Membeli Iphone

Iphone memang terkenal dengan harganya yang relatif mahal. Namun, jangan sampai karena hal ini kamu justru asal-asalan memilihnya. Tentunya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya mendapatkan iphone yang memuaskan.

  1. Tips pertama adalah menentukan di mana tempat harus mendapatkannya. Saat ini ada banyak toko yang menjual iphone. Namun, supaya lebih terjamin maka kamu harus membelinya di toko resmi.
  2. Selanjutnya, jika setelah membeli smartphone tersebut jangan langsung pulang. Sebaiknya buka dusbook di toko untuk melihat kelengkapannya. Jadi misalkan ada yang kurang bisa langsung meminta ganti dari toko.
  3. Tips ketiga adalah cobalah masuk ke dalam sistem IMEI. Coba lihat apakah antara di sistem dengan dusbook ada perbedaan atau tidak. Jika ada, sebaiknya laporkan kepada pemilik toko.
  4. Tips keempat adalah dengan cek garansi iphone. Caranya bisa kamu lihat di atas. Coba lihat berapa lama kamu akan mendapatkan garansi, baik dari perusahaan ataupun toko.
  5. Terakhir, cek guarantee card yang ada dalam dusbook. Pastikan kartu garansi ini masih bagus dan belum terpakai. Dengan begitu, kamu akan jauh lebih aman ketika nanti ingin memperbaiki iphone tersebut.
Baca Juga :   Cara Menghapus Banyak Kontak di iPhone 2021 Untuk iOS Terbaru!

Alasan Banyak Orang Memilih Iphone

Bagi sebagian orang, iphone adalah ponsel yang memiliki beragam kelebihan. Banyak pemilik usaha lebih memilih smartphone dari Apple ini untuk menjalankan bisnis. Bahkan beberapa orang sangat merekomendasikannya untuk dipakai.

Oleh sebab itu, ketika kamu memang berniat memiliki sebuah produk dari Apple tersebut, setidaknya mengerti bagaimana cara cek garansi iphone. Jadi akan mudah melihat statusnya ketika sedang dibutuhkan.

Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai hal, misalnya bermain game online. Hampir semua gamer menggunakan iphone ketika bermain. Alasannya karena memberikan kualitas grafis gambar lebih cerah.

Karena iphone sangat populer, tidak heran jika beberapa pihak membuat versi KW. Bahkan, produk yang tidak lolos uji tetap diperjualbelikan. Itulah mengapa penting mengerti cara cek garansi iphone.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *