aplikasi telah berhenti android

7 Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” di Android

aplikasi telah berhenti android – Meskipun selalu memperoleh up-date sampai sekarang ini, mekanisme operasi Android tidak akan terhindar dari yang bernama permasalahan. Satu diantaranya ialah aplikasi yang berhenti di Android gaes. Bagaimana cara menanganinya?

Sedang Trending : Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di HP

Handphone yang kamu punyai tentunya mempunyai bermacam aplikasi sesuai keperluan semasing. Android, sebagai mekanisme operasi mobile terkenal di dunia pasti tidak akan terbebas dari yang bernama permasalahan.

Satu diantaranya ialah aplikasi yang berhenti saat kamu pakai. Tidak perlu cemas bila kamu menjumpainya, berikut Infotexno akan bahas cara mengatasi aplikasi telah berhenti di handphone Android.

Pemicu Permasalahan “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” di Android

Kadang untuk kamu beberapa pemakai Android, pernah menjumpai pemberitahuan “Sayangnya aplikasi telah berhenti” atau “Unfortunately app has stopped” saat asyik-asyik memakai handphone.
Saat sebelum cari tahu cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di Android, sebaiknya kamu ketahui terlebih dulu apa penyebab-penyebabnya sebagai berikut.

1. Memory RAM Penuh

Memory RAM di Android memiliki peran penting dalam jalankan beragam aplikasi di handphone. Nach memory RAM yang terbatas dan jumlahnya aplikasi yang berjalan pada latar belakang pasti membuat jadi penuh.

Baca Juga :   Cara mengirim foto dan video dari iPhone ke ponsel Android

Dengan keadaan semacam ini, kadang aplikasi yang akan kamu lakukan akan kekurangan memory dan akan error saat dibuka atau justru tidak dapat dipakai benar-benar gaes.

2. File Cache Aplikasi Menimbun

Mekanisme operasi Android selalu simpan file cache tiap aplikasi untuk percepat kamu dalam memakaiya di lain kali. File cache akan menimbun bila lama tidak kamu membersihkan dan mengakibatkan perform handphone turun. Terhitung saat jalankan aplikasi.

3. Aplikasi dan Mekanisme Operasi Tidak Cocok

Makin waktu, aplikasi dan mekanisme operasi Android memperoleh up-date untuk membenahi permasalahan dan tingkatkan perform. Bila kamu memakai handphone Android kuno, bisa jadi aplikasi tak lagi cocok dengan mekanisme operasi yang dipakai.

Misalkan saja bila kamu memakai handphone dengan Android 4.4 KitKat dan aplikasi minimum memerlukan Android 5.0 Lollipop, pasti tidak bisa dipakai gaes.

Jika sudah tahu pemicunya, check cara mengatasi di bawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti di Android
Nach itu beberapa pemicu sayangnya aplikasi telah berhenti di Android, sudah mengetahui kan? Sesudah ketahui pemicunya, ini kali Jaka akan kasih tahu cara mengatasi aplikasi telah berhenti di Android. Yok baca ulasan secara lengkap!

1. Stop Aplikasi Berjalan pada Latar belakang

Salah satunya pemicu aplikasi Android jadi error ialah penuhnya memory RAM yang dipakai. Jalan keluar pertama yang dapat kamu kerjakan dengan bersihkan dan mengentikan beberapa aplikasi yang berjalan pada background alias latar belakang.

Untuk melakukan, pada umumnya handphone kamu tinggal tap tombol Recent Apps dan tinggal pencet icon “X” atau membersihkan untuk hapus semua proses yang berjalan pada latar belakang. Gampang kan?

2. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Sayangnya aplikasi telah berhenti di Android bisa saja disebabkan karena cache dan data yang error pada aplikasi itu. Kamu juga dapat atur management aplikasi dengan hapus cache dan data aplikasi di handphone Android kamu.

Baca Juga :   Cara Menghemat Baterai HP, Coba Lakukan ini Sekarang

Triknya kamu tinggal buka menu Settings > App dan notifications > Tentukan Aplikasi > Penyimpanan > Clear Cache atau Clear Data untuk hapus salah satunya atau ke-2 nya.

Selainnya memakai cara manual, kamu juga bisa memakai aplikasi pencuci Android seperti CCleaner untuk bersihkan semua aplikasi secara sekalian gaes.

3. Check Kartu microSD

Sebagian besar handphone sekarang ini diberi dengan slots kartu microSD tambahan untuk simpan beragam file terhitung beberapa aplikasi. Kartu microSD yang error kadang membuat aplikasi Android berhenti bahkan juga saat kamu pakai.

Untuk langkah pertama, kamu dapat menanganinya dengan cara mematikan handphone Android dan memeriksa keadaan kartu SD yang kamu pakai. Apabila sudah, pasang lagi dan hidupkan kembali handphone kamu.

4. Re-start Handphone Android

Error pada aplikasi Android yang berhenti saat kamu pakai bisa karena banyak hal. Dimulai dari aplikasi sampai signal internet yang tidak konstan kamu pakai. Cara yang termudah dengan lakukan re-start Android gaes.

Dengan cara ini, handphone Android pasti dihidupkan kembali dengan keadaan fresh seperti kondisi sebelumnya. Bila kamu belum juga percaya, kamu tinggal menonaktifkan handphone sepanjang beberapa saat saat sebelum dihidupkan kembali.

Permasalahan aplikasi berhenti Android belum selesai, check cara seterusnya

5. Uninstall dan Install Ulangi Aplikasi

Bila cara awalnya belum juga bawa jalan keluar, kamu dapat lakukan uninstall dan install ulangi aplikasi yang kamu pakai. Ini bisa jadi karena beberapa data aplikasi error dan corrupt hingga aplikasi tidak jalan seharusnya.

Memang cara ini membutuhkan paket internet untuk lakukan instalasi ulangi aplikasi. Tetapi cara ini bisa jadi membuat aplikasi Android kembali normal dan dapat kamu pakai seterusnya loh.

Baca Juga :   Jalani Panduan Simpel Ini supaya Smartphone Awet, Tidak Berganti- ganti Melulu

6. Up-date Aplikasi dan Mekanisme Operasi

Mengupdate alias up-date aplikasi Android dapat menjadi salah satunya jalan keluar untuk mengatasi persoalan aplikasi Android yang telah berhenti di handphone kamu. Penyempurnaan aplikasi selainnya mengatasi aplikasi error atau corrupt, bisa juga hilangkan beberapa bug yang bisa saja akar persoalan.

Tidak cuma up-date aplikasi, kamu wajib buat mengupdate mekanisme operasi Android yang digunakan jadi yang lebih baru. Ini karena keperluan minimum aplikasi tentu bertambah dari hari ke hari gaes.

7. Faktory Reset Handphone

Jika semua cara di atas belum mempan, kamu dapat berusaha untuk lakukan faktory reset handphone Android kamu. Meskipun belum tentu mengatasi permasalahan aplikasi berhenti, cara ini akan kembalikan handphone Android ke keadaan sebelumnya seperti baru.

Triknya kamu tinggal ke menu Settings > Sistem > Reset options >Erase all data (faktory reset). Cara ini dapat berbeda bergantung dari mode handphone yang kamu pakai.

Awalnya kamu yakinkan semua data telah ter-back up dengan benar dan baik. Karena pada intinya cara ini akan hapus memory intern, terhitung aplikasi, video dan foto yang kamu taruh gaes.

Akhir Kata

Nach itu pembahasan Jaka berkenaan cara mengatasi “Sayangnya aplikasi telah berhenti” di handphone Android. Bila kamu ada pertanyaan, tidak boleh sangsi buat menanyakan pada kotak kometar di bawah. Selamat mempraktikkan dan mudah-mudahan sukses gaes!