Flashdisk Minta Format

5 Cara Menangani Flashdisk Minta Format Tanpa Ribet

Flashdisk Minta Format – Flashdisk merupakan benda yang bermanfaat sebagai media penyimpanan informasi yang efisien. Bentuknya yang kecil mempermudah Kamu buat membawanya ke mana- mana. Tidak hanya itu, flashdisk pula berperan buat melindungi backup- an file buat jaga- jaga bila file di Komputer lenyap.

Tetapi tetap wajib hati- hati– janganlah pernah menaruh file atau data yang penting di flashdisk kamu tanpa memiliki backup data di media lain. Jika flashdisk lenyap ataupun cacat kan Kamu pula yang repot.

Selain itu, flashdisk terkadang eror secara mendadak sehingga pemiliknya pusing. contohnya semacam minta format disaat dicolokkan ke Komputer yang mana perihal ini bakal melenyapkan seluruh informasi di dalamnya. Bila tidak ingin informasi terhapus, Kamu dapat menyimak cara menangani flashdisk minta format pada postingan ini.

Kenapa Flashdisk minta format?

mungkin Kamu penasaran kenapa flashdisk mendadak minta diformat sementara itu tadinya normal- normal saja. Biar perihal ini tidak terjadi lagi, Kamu dapat mengenali sebagian sebab pemicu masalah ini sebagai berikut.

1. File System Tidak Dikenali

Salah satu sebab kenapa flashdisk minta format yaitu karna format sistem di flashdisk kamu tidak dikenali oleh Komputer Kamu. Hal ini berkaitan dengan sistem operasai yang kamu gunakan. Microsoft Windows biasanya mensupport 3 format yang berlainan ialah , FAT32( File Allocation Table 32), exFAT( tipe FAT32 yang lebih unggul) dan NTFS( New Technology File System).

Apakah Kamu sempat meminjamkan flashdisk pada sahabat yang memakai Linux? Mungkin saja flashdisk kamu sudah dirubah format sistemnya ke ext2 ataupun ext3 yang memanglah cocok dengan operating sistem itu. akibatnya disaat dikembalikan, Kamu yang memakai Windows juga kewalahan sebab ext2 serta ext3 tidak bisa dikenali di sistem operasi ini.

2. Cara Pemindahan File Terganggu

Hendaknya pada saat suatu file tengah melalui prosedur modifikasi( dipindahkan, disalin, ataupun disimpan), janganlah perkenankan proses ini terhambat. Sebab, perihal ini bisa mengakibatkan lenyapnya informasi ataupun membuat file itu jadi korup.

Pada permasalahan tertentu, dikala Komputer mati tiba- tiba pada saat flashdisk lagi mengirim informasi, file systemnya bakal berganti jadi RAW. Hal yang serupa pula dapat berlangsung pada flashdisk yang dilepas secara tiba- tiba.

Dalam situasi ini, seluruh informasi pada flashdisk tidak bisa diakses serta ukuran file terlihat berukuran 0 byte pada saat membuka Properties dari flashdisk, Kamu juga bakal dituntut buat melakukan format.

3. Kena Virus

Tidak cuma flashdisk, piranti keras mana juga yang terjangkiti oleh virus bakal alami variasi permasalahan yang beraneka ragam. Ada yang PC- nya tidak dapat terkoneksi ke WiFi, timbul iklan terus- menerus, serta serupanya.

Dalam permasalahan ini, kemungkinan flashdisk yang kamu miliki tidak bisa diakses karena kamu mendownload file dari internet yang kemungkinan sudah ada virus didalamnya. Virus bisa menjangkiti Komputer ataupun flashdisk Kamu dengan bermacam cara, lewat instalasi aplikasi dari sumber yang meragukan, terkena dari flashdisk lain, ataupun karna file attachment yang diunduh memiliki virus.

Cara Menanggulangi Flashdisk minta Format

Sehabis mengenali bermacam sebab tadi, saat ini waktunya Kamu menanggulangi flashdisk yang terus- terusan minta diformat. Sebagian cara yang Infotexno rangkum bakal diurut dari tingkatan kesusahan terendah sampai tersulit.

1. Colokkan Flashdisk pada Port USB Lain

Kemampuan Komputer ataupun laptop dalam mengetahui fitur USB ditentukan dari driver. Driver merupakan sekumpulan file yang dapat diinstal supaya sistem operasi bisa mengidentifikasi serta berhubungan dengan piranti keras semacam printer, card reader, modem, serta USB flashdisk.

Jadi disaat flashdisk mendadak minta diformat, kemungkinan penyebab kesalahan yang terjadi pada driver flashdisknya. Hal ini dapat menyebabkan port usb pada Komputer mendeteksi flashdisk selaku RAW. Oleh sebab itu, cobalah untuk colokkan flashdisk pada port USB yang lain. Bila flashdisk masih minta format, cobalah cara- cara berikutnya.

2. Restart PC

Bila flashdisk dicolokkan pada Komputer yang selalu nyala dalam waktu lama tanpa pernah dimatikan, bisa jadi ada eror yang menyulitkan Komputer buat mengidentifikasi flashdisk dengan bagus.

Komputer yang sudah digunakan seharian tanpa henti dapat jadi memiliki banyak file- file sementara yang tidak dibutuhkan serta membatasi kemampuan. Disaat di- restart, file- file ini hendak lenyap dari RAM serta Komputer juga dapat menyala kembali dengan kondisi yang” fresh”– bisa jadi cara ini dapat membuat flashdisk Kamu ditemukan dengan normal.

3. Colokkan Flashdisk ke Komputer Lain

Komputer yang berlainan pasti mempunyai situasi yang berlainan pula. Tidak jarang 2 pc dengan sistem operasi seragam mempunyai kecepatan serta kemampuan yang berlainan. Perihal ini dipengaruhi oleh tipe serta jumlah aplikasi yang terinstal dan seberapa sering dilakukan pemeliharaan Windows Registry.

Jadi, bukan tidak mungkin Komputer lain bisa mengetahui flashdisk Kamu dengan normal. Bila sukses, Kamu dapat langsung melaksanakan backup pada file penting. Tandanya, permasalahan terdapat pada pc Kamu.

4. Jalani Pengecekkan Flashdisk Lewat CMD

Terdapat lagi cara yang dapat dicoba buat menanggulangi flashdisk minta format, walaupun kira- kira susah untuk pengguna komputer yang jarang sekali membuka Command Prompt. Kamu dapat memakai perintah chkdsk buat memeriksa integritas pada file system flashdisk serta membenarkan sebagian kerusakan.

Bukalah Command Prompt lewat kolom pencarian Windows pada kiri dasar. Ketikkan” cmd” serta seleksi menu Run as administrator. Setelah itu, ketikkan” chkdsk d: atau f” pada Command Prompt. Janganlah lupa ubah huruf” d” tadi dengan partisi flashdisk kamu yang bermasalah. Kemudian, tekan Enter serta tunggu hingga prosedur pemeriksaan sukses.

5. Maanfaatkan Aplikasi Pengumpulan Data

Bila cara- cara di atas masih belum dapat membenarkan flashdisk yang minta format, paling tidak Kamu dapat berupaya buat melindungi data- data di dalamnya saat sebelum melaksanakan format.

Kamu dapat memakai aplikasi lain salah satunya ialah Power Data Recovery dari Minitool yang memiliki kemampuan untuk mengambil file di flashdisk yang file systemnya ditemukan sebagai RAW.

Memakainya juga amat gampang. Pertama, datangi halaman MiniTool (www.minitool.com) setelah itu klik pada menu Unduh. Setelah itu, scroll ke bawah hingga mendapatkan bagian MiniTool Data Recovery.

Pilihlah Power Data Recovery 8.7 Gratis – aplikasi ini telah full version serta free. Tetapi fiturnya lumayan terbatas yaitu cuma dapat melindungi file dengan ukuran paling besar 1 GB. Sesuai buat Kamu yang cuma mau mengutip informasi berarti kayak akta profesi ataupun skripsi.

Buka file instalasi itu serta ikuti instruksi pada layar sampai berakhir. prosedur instalasi bakal mendownload file tambahan yang tidak begitu besar. Bila telah terinstal, klik tombol Mulai Now.

Pada new window yang baru terbuka, memilih menu Removable Disk serta memilih nama flashdisk Kamu. lalu untuk memulainya kamu bisa klik tombol Scan. Menunggu hingga aplikasi ini mengetahui file- file yang mau Kamu selamatkan, jalani select pada file itu serta klik tombol Simpan– simpan file pada posisi yang aman. Sedemikian itu informasi berarti telah aman kemudian Kamu dapat jalani format pada flashdisk.

Seperti itu tadi sebagian cara yang dapat Kamu jalani buat menanggulangi flashdisk minta format. Buat ke depannya, dianjurkan lebih berjaga- jaga dalam memperlakukan flashdisk.

Senantiasa jalani safely remove hardware, menunggu hingga prosedur copy berakhir saat sebelum dicabut, cuma unduh aplikasi dari sumber terpercaya, serta sebagainya. Kemudian, buat backup pada file penting dengan menguploadnya ke alat penyimpanan berplatform awan semacam Google Drive serta MEGA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *